Pantai Kuta Mandalika Lombok Pesonanya Begitu Memukau

201
0

Lombok.co.idWisata Lombok. Pantai Kuta Mandalika merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi jika kamu liburan ke Lombok. Pesona yang ditawarkan pun akan menarik hati, mulai dari kejernihan birunya air laut, pasir menyerupai merica, hingga batu karang kokoh nan cantik.

Lokasi Wisata Pantai Kuta Mandalika

Objek wisata Pantai Kuta Mandalika ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya dekat dengan Bandara Internasional Lombok, sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

Baca juga Bukit Merese Lombok, Pesona Keindahan Pantai dan Bukit Merese

Untuk mendapatkan keindahan destinasi wisata ini, Kamu tidak memerlukan perjalanan yang panjang. Perjalanan ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok, kamu sudah tiba di lokasi.

Senja di Pantai Kuta Mandalika Lombok
Senja di Pantai Kuta Mandalika Lombok

Jika kamu memulai dari Kota Mataram, perjalanan ditempuh selama satu setengah jam.

Akses menuju pantai Kuta Mandalika jika dari Mataram dapat melalui Bypass Bandara International Lombok.

Keindahan Pemandangan di Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika Lombok
Pantai Kuta Mandalika Lombok

Pantai Kuta salah satu objek wisata yang cocok untuk keluarga. Keadaan alam yang nyaman menjadikan lokasi ini aman untuk mengajak putra dan putri bermain di daerah pantai.

Tak hanya itu, Pantai Kuta juga menawarkan beragam pesona, seperti pantai yang membentang luas, ditemani deburan ombak tenang dan angin yang berhembus sepoi-sepoi. Sehingga nuansa liburan bersama dengan keluarga menjadi sangat terasa di sana.

Pantai Kuta Lombok juga menyajikan pesona hamparan pasir yang bersih dan putih membentang luas sepanjang 7,2 kilometer.

David Lee Single Biker Cirebon di Pantai Kuta
David Lee Single Biker Cirebon di Pantai Kuta

Di sebelah barat, terdapat Bukit Mandalika dengan keindahan yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi. Pemandangan yang disajikan dari ketinggian memiliki nuansa tersendiri, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Kuta.

Disebelah timur pantai Kuta Mandalika terdapat Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese yang populer pada saat ini.

Pantai Kuta Mandalika dan Legenda Putri Mandalika

Sementara itu. nama Mandalika diambil dari cerita legenda yang berasal di kalangan masyarakat setempat, yaitu seorang putri yang sangat cantik bernama Mandalika. Konon menurut kisah yang ada, Putri Mandalika yang cantik jadi incaran banyak pemuda, bahkan pangeran.

Namun, Putri Mandalika tak mau menerima satupun pinangan para pemuda tersebut. Ia memilih melompat ke laut dari bukit tersebut.

Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut dipercayai oleh masyarakat sekitar menjelma menjadi sosok cacing laut yang dinamakan Nyale. Pada saat-saat tertentu, terdapat banyak cacing Nyale yang muncul ke permukaan laut hingga ke pantai.

Kondisi ini terjadi selama satu tahun sekali, dengan adanya festival yang diadakan untuk menghormati cacing-cacing tersebut.

Oleh masyarakat sekitar, cacing-cacing ini diolah menjadi hidangan makanan yang lezat sebagai rasa terima kasih kepada Putri Mandalika. Hari-hari kemunculan cacing Nyale pun kini menjadi momen yang ditunggu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hal ini merupakan salah satu daya tarik yang berada di kawasan Pantai Kuta. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan kegiatan dalam Festival Bau Nyale, yaitu menangkap cacing Nyale dan kemudian dijadikan sebagai hidangan makanan.

Aktivitas di Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika Top View
Pantai Kuta Mandalika Top View

Untuk menikmati keindahan alam Pantai Kuta Mandalika, kamu harus membayar biaya masuk yaitu sekitar Rp 5 ribu perorangnya. Biaya tersebut belum termasuk biaya yang dikenakan ketika ingin menggunakan fasilitas yang banyak disediakan oleh pengelola objek wisata ini, misalnya parkir atau toilet.

Pantai Kuta Lombok Mandalika mempunyai berbagai atraksi yang ditawarkan sebagai penunjang wisata, seperti banana boat, windsurfer hingga olahraga ekstrem yaitu paralayang. Namun, jika tak berminat main basah-basahan atau olahraga ekstrem, kamu juga bisa menikmati pantai ini sembari bersepeda.

Banyak tempat penyewaan sepeda yang tersedia di sini. Harganya juga cukup murah, sekitar Rp 30 ribu untuk satu jam. Bersepeda sembari melihat birunya air laut dan menikmati udara yang sejuk tentunya akan membuat liburanmu makin berkesan.

Reporter David Lee (Single Fighter Cirebon)
Youtube URL https://www.youtube.com/watch?v=X4smUcc0NhA
Youtube Chanel Lomboks
Facebook https://www.facebook.com/lombok.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here