Pantai Kura-kura Jerowaru Lombok

13
0

Lombok.co.idWisata Lombok. Pantai Kura-kura yang yang dulunya sebelum menjadi destinasi wisata sekarang ini masyarakat setempat memberi nama Pantai Bertok.

Pantai Kura-kura terletak di kaki sebelah timur pulau Lombok. Tepatnya pantai ini terletak di Kecamatan Jerowaru Lombok Timur. Pemandangan area wisata pantai Kura-kura ini terdapat sebuah pulau ditengah lautan yang berbentuk penyu (kura-kura).

"<yoastmark

Jajaran batu karang menjadi landasan pantai ini di sebelah timur. Sedangkan di sebelah barat hamparan pasir putih dapat memuaskan mata anda. Keadaan Pantai Kura-kura sangat wajib anda kunjungi jika anda berliburan ke Lombok.

Baca Juga

Akses Ke Pantai Kura-kura

"Akses

Jika kamu dari Kota Mataram, anda dapat mengakses Pantai Kura-kura melalui Jalur BIL. Setelah mencapai Simpang Empat Batu Jai belok ke kiri menuju Kota Praya. Dari Kota Praya kamu dapat lurus ke timur menuju simpang empat pasar pendem belok ke kanan.

Jika mengambil jalur tengah, dari simpang empat Dasan Cermen belok ke kiri menuju Kediri. Pada simpang empat Kediri belok kiri. Dari sini kamu dapat lurus saja ke timur menuju Kota Praya. Selanjutnya seperti jalur selatan.

Jika kamu mengambil jalur utara, dari kota mataram lurus saja ke timur menuju Taman Narmada. Dari simpang tiga Taman Narmada lurus ke timur menuju Kopang. Pada simpang empat Kopang anda belok kanan menuju Kota Praya. Pada simpang tiga Pom Bensin Kota Praya kamu belok ke kiri dilanjutkan menuju ke Jerowaru.

Aktifitas Pantai Kura-kura

"<yoastmark

Keunikan dari pantai ini yaitu letaknya yang tersembunyi, diapit oleh dua bukit yang tinggi menjulang. Selain itu, pantai ini juga memiliki gili (pulau kecil) yang bentuknya mirip dengan kura-kura. Karena itulah warga setempat menamakannya Pantai Kura-kura.

Akses menuju Pantai Kura-kura terbilang baik. Sudah ada jalan yang dapat ditempuh kendaraan roda empat untuk sampai di pantai ini. Namun dalam perjalanan menuju pantai, pengunjung akan disuguhkan hamparan lahan kering yang begitu kontras dengan keindahan pantai di desa ini.

Memasuki daerah Pantai Kura-Kura, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai yang indah dan asri. Di sekitar pantai, masih terdapat pepohonan rindang yang bisa Anda gunakan untuk berteduh. Pantai Kura-Kura ini memiliki pasir putih yang halus dan lembut. Anda tidak perlu khawatir ketika menginjak pasir pantai, karena kaki tidak akan terluka.

Di sekitar pantai, terdapat batuan karang yang besar dan menghiasi pantai, biasanya digunakan sebagai tempat untuk berfoto. Anda bisa berfoto bebas dengan berbagai macam pose yang unik di batuan karang tersebut. Di sisi lain  karang, biasanya terdapat umang-umang atau biasa disebut dengan keong. Ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, khususnya anak-anak.

Melangkah ke sisi lain Pantai Kura-Kura, Anda akan dikejutkan dengan batuan karang besar yang menyerupai bentuk kura-kura. Inilah maskot pantai tersebut, yang membuat pantai ini memiliki julukan Pantai Kura-Kura. Anda bisa melihat batu berukuran raksasa yang ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan dan rumput dengan bentuk cangkang, kepala, ekor, lengkap dengan kaki menyerupai kura-kura yang sedang berenang.

Ombak di pantai ini tergolong cukup kencang, sehingga jika Anda ingin berenang, Anda perlu hati-hati. Ada baiknya Anda membawa perlengkapan renang sendiri karena di sekitar pantai masih belum dijumpai tempat penyewaan peralatan renang. Saat berenang, Anda juga perlu memperhatikan keadaan pasang surut air laut, akan lebih baik jika Anda berenang di saat air sedang surut dan tidak berenang saat air mulai pasang.

Di Pantai Kura-Kura, Anda pun bisa berpiknik bersama . Ada baiknya Anda membawa makanan sendiri dari rumah. Jangan lupa untuk membawa alas duduk, karena jarak warung makanan atau tempat jual makanan dan minuman sangat jauh dari pantai. Ada baiknya juga Anda membawa plastik sebagai tempat untuk membuang sampah.

Di sekitar pantai Pantai Kura-Kura, masih terbilang sepi dan jarang sekali ditemukan warung atau penginapan. Untuk itu, jika Anda ingin bermalam, Anda bisa membawa tenda. Berkemah di Pantai Kura-Kura juga seru dan mengasyikkan. Di pagi hari, Anda bisa melihat matahari terbit sambil membuat api unggun, begitupun ketika senja. Anda bisa melihat pemandangan senja yang indah dari balik tenda sambil bersantai.

Map Pantai Kura-kura

Lombok.co.id

Wisata Lombok
Facebook https://www.facebook.com/lombok.co.id/
Youtube https://www.youtube.com/watch?v=vTDhtjLNP8Y&feature=youtu.be

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here